CIRI-CIRI CUCAK KOMBO JANTAN DAN BETINA

burung ocehan – Burung yang satu ini memiliki sebutan nama burung Cucak Kombo namun burung ini bukanlah termasuk  burung  cucak cucakan tapi melainkan dia termasuk jenis burung penghisap madu adapun juga yang menyebutnya burung kecial kombo. Burung ini tenyata memiliki nama latin Lichmera Lombokia burung ini adalah endemik dari indonesia yang bisa sobat temukan di daerah pulau lombok, Flores  NTT, dan sumbawa  NTB.Namun ada juga cucak kombo yang mempunyai nama latin Lichmera Limbata yang habitat terbesarnya di lombok flores bali pulau komodo.dan lainnya.
Burung ini adalah termasuk burung yang di lindungi karena memiliki keseimbangan ekosistem alam ini.sebab ke beradaannya dapat memebantu dalam menyerbukan bunga secara alami.Namun burung ini ternyata banyak yang memburu dan tidak sedikit pula para pedagang yang menjual burung ini dipasaran.karena burung ini punya ciri khas suaranya yang bunyinya crecetan layak dijadikan masteran.Hampir sama dengan suara burung kolibri tapi perbedaannya suara burung Cucak Kombo ini bunyinya agak tebal tidak seperti kolibri rapat dan nyaring bunyinya.

Membedakan Antara Betina Dan Jantan;
Betina;;
-Warna bulu pada betina lebih terang dari yang jantan
-Memiliki garis kuning pada pangkal paruhnya
-Ada warna kuning kehijauan yang tegas di atas kepala.dibawah paruh dan ujung sayap.
-Dan ada juga semburat kuning pada dadanya'.

Jantan;
Jika betina pada bagian atas kepala bawah paruhdan punggungnya ada warna kekuningan maka pada -burung jantan warnanya agak abu abu gelap
Ada bercak bercakk hitam pada leher atau dada.

Nah itulah untuk membedakan Burung Cucak Kombo antara betina dan jantan karena kalau dilihat sepintas burung ini hampir tidak ada perbedaan jadi kita sebagai pecinta burung harus benar-benar teliti. Sekian terimakasih semoga bermanfaat.
Previous
Next Post »